Kumpulan Soal UTN PPG dan Kunci Jawaban
Berikut adalah Kumpulan Soal UTN PPG dan Kunci Jawaban yang dapat bapak/ibu mahasiswa PPG Daljab pergunakan sebagai bahan latihan dalam menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) PPG Daljab dan Prajab nantinya. Yang mana kumpulan soal UTN PPG dan kunci jawaban ini merupakan bank soal yang penulis punya dari pemberian teman-teman peserta PLPG terdahulu. Untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik ditahun ini dan kedepannya tidak semudah ketika melalui jalur PLGP. Tes Ujian Pengetahuan adalah kunci kelulusan untuk memperoleh Sertifikasi. Oleh karena itu penulis berharap Kumpulan Soal UTN PPG dan Kunci Jawaban ini bermanfaat untuk bapak/ibu sekalian.
Kumpulan soal utn ppg ini dapat bapak/ibu pelajari secara online pada website ini atau dapat juga bapak/ibu miliki dan pelajari dengan cara mengunduhnya. Link download soal ppg ada di bagian bawah artikel ini.
Soal Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
1. Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
a. Menerima, menanggapi, menghargai, mengamalkan, dan menghayati.
b. Menerima, menghayati, menghargai, menanggapi, dan mengamalkan.
c. Menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, mengamalkan.
d. Menerima, menanggapi, menghayati, menghargai, mengamalkan
2. Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui kegiatan berikut:
a. Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan jurnal.
b. Observasi, penilaian diri, jurnal, dan portofolio.
c. Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.
d. Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan projek.
3. Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
a. Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis, menganalisis, mengkreasi.
b. Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi.
c. Mengingat, memahami, menerapkan, menalar, menganalisis, mengevaluasi.
d. Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, mengkreasi.
4. Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui aktivitas berikut:
a. Penugasan, projek, dan portofolio
b. Penugasan, portofolio, dan tes tulis
c. Tes tulis, tes lisan, dan penugasan
d. Tes tulis, penugasan, dan projek
5. Ranah kompetensi untuk keterampilan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
a. Mengamati, menanya, mencoba, melakukan, menyaji, dan mencipta.
b. Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar, menyimpulkan.
c. Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji, dan mencipta.
d. Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.
6. Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut:
a. Tes praktik, projek, produk, dan tes praktek
b. Tes lisan, tes tulis, praktik
c. Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan portofolio projek
d. Portofolio, projek, penugasan, dan portofolio
7. Penilaian yang dilakukan penilaian untuk mengetahui tingkat kemampuan sosialnya peserta didik, aspek yang perlu diperhatikan adalah ....
a. Mensyukuri anugerah Tuhan, taat menjalankan ibadahnya, dan menghargai anugerah Tuhan,
b. Tanggung jawab, patuh kepada orang tua, dan menyukuri anugerah Tuhan
c. Santun, cinta tanah air demokratis
d. Mensyukuri anugerah Tuhan, cinta tanah air, jujur
8. Projek adalah tugas-tugas belajar yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan dan pelaporan secara tertulis dan lisan dalam waktu tertentu. Penilaian projek termasuk kedalam teknik dan bentuk penilaian….
a. Keterampilan
b. Pengetahuan
c. Sikap
d. sikap dan pengetahuan
9. Peserta didik diberi pengetahuan mengenai pembuatan karya ilmiah dan penyusunan teks laporan hasil observasi. Aspek-aspek pengetahuan tersebut tergolong pengetahuan….
a. faktual
b. prosedural
c. konseptual
d. Metakognitif
10. Penilaian terhadap pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, sumber informasi tergolong pengetahuan
a. faktual
b. prosedural
c. konseptual
d. Metakognitif
Kumpulan soal UTN PPG ini dapat dipergunakan sebagai referensi bagi bapak\ibu guru, baik dari peserta PPG Daljab TK, SD, SMP, SMA dan SMK semua jurusan,
Soal UTN PLPG Pendekatan Penilaian
1. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....
a. penilaian acuan patokan
b. penilaian acuan norma
c. penilaian tuntas
d. penilaian berkelanjutan
2. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok. Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
a. Penilaian berkelanjutan
b. penilaian menyeluruh
c. penilaian acuan patokan
d. penilaian acuan norma
3. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma
Soal UTN PLPG PTK
1. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatankegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
2. Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
3. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
4. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
a. Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
b. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
c. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
d. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
5. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
a. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
b. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
c. keinginan untuk membantu guru
d. kepedulian peneliti akan kinerja guru
6. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
a. Kesadaran diri untuk memperbaiki
b. Kegiatan yang direkayasa
c. Perencanaan kinerja
d. Upaya empiris dan sistematis
7. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
a. Pengumpulan data
b. Menganalisis masalah
c. Mencapai tujuan
d. Menentukan ruang lingkup
8. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
a. Guru
b. Peneliti
c. Guru dan Peneliti
d. Objek Penelitian
9. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
a. Pelaksanaan tindakan
b. Observasi dan intepretasi
c. Diskusi balikan
d. Analisis data
10. Tujuan PTK adalah…
a. Perbaikan KBM
b. Menyusun teori baru
c. Memperbaiki teori
d. Menyusun generalisasi
11. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
a. Analisis
b. Refleksi
c. Observasi
d. Diskusi
12. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
a. Kesimpulan
b. Prosedur penelitian
c. Pendahuluan
d. Metodologi penelitian
13. Persiapan awal dalam PTK adalah…
a. Menyiapkan cara wawancara
b. Membuat analisis kelayakan hipotesis
c. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
d. Menyiapkan fasilitas dan sarana
14. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
a. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
b. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
c. Uraian projek penelitian pendidikan
d. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
15. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
a. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
b. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
c. Persiapan tindakan
d. Observasi dan inperetasi.
Hubungi kami untuk mendapatkan contoh soal PPG
Bagi bapak/ibu yang membutuhkan kumpulan soal UTN PPG ini untuk menambah bank soal dalam menghadapi tes Ujian Pengetahuan (UP) PPG silahkan untuk mengunduhnya dengan klik link dibawah ini.
Terima kasih semoga bermanfaat untuk bapak/ibu guru mahasiswa PPG Daljab, apabila berkenan agar dapat membagikan kepada teman-teman guru peserta PPG Daljab lainnya, agar kita dapat saling membantu dan bekerjasama untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik di tahun ini.


mat malam,,gimana cara downloadnya supaya bisa baca offline
ReplyDelete